https://simlppm.untan.ac.id/vendor/terbaik-2024/https://lentera.uin-alauddin.ac.id/question/gratis-terlengkap/https://fateta.ilearn.unand.ac.id/terbaru/https://old-elearning.uad.ac.id/gampang-menang/https://tos.dephub.go.id/maxwin/https://siswa.dpuair.jatimprov.go.id/app/https://fk.ilearn.unand.ac.id/demo/http://ti.lab.gunadarma.ac.id/jobe/system/https://elearning.uika-bogor.ac.id/tanpa-potongan/https://silayar.ut.ac.id/demo/http://www.matano.desa.luwutimurkab.go.id/https://litmas.ar-raniry.ac.id/system/demo-gratis/https://elearning.umsu.ac.id/report/log/https://pusatbahasa.hamzanwadi.ac.id/https://besadu.belitung.go.id/css/https://silayar.ut.ac.id/course/terbaik-terpercaya/https://jdih-dprd.sumedangkab.go.id/system/
TIM KOSABANGSA UNPER-IPB HASILKAN PRODUK INOVASI DI DESA SUKANAGALIH KABUPATEN TASIKMALAYA – Universitas Perjuangan Tasikmalaya

TIM KOSABANGSA UNPER-IPB HASILKAN PRODUK INOVASI DI DESA SUKANAGALIH KABUPATEN TASIKMALAYA

Tim Kosabangsa UNPER-IPB Hasilkan Produk Inovasi di Desa Sukanagalih Kabupaten Tasikmalaya

Tasikmalaya – Universitas Perjuangan Tasikmalaya dan IPB University belum lama ini menyelenggarakan Program Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat (KOSABANGSA) yang didanai oleh DRTPM Kemendikbudristek RI. Program pendampingan berbasis Community of Practice kepada mitra sasaran yaitu Kelompok Megar Bebek Cihateup dan Badan Usaha Milik Desa Berdikari dengan dukungan penuh dari Pemerintah Desa Sukanagalih dan Pemerintah Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Pelaksanaan program kosabangsa ini merupakan Kerjasama antara Tim Pelaksana dari Universitas Perjuangan Tasikmalaya dan Tim Pendamping dari IPB University, yang berlangsung dari bulan September sampai Desember 2023. Tim pelaksana kegiatan kosabangsa melibatkan 3 orang dosen dan 6 orang mahasiswa yaitu:

  1. Dr. Ir. Andri Kusmayadi, S.Pt., M.Sc., IPM., ASEAN Eng., dengan kepakaran bidang ilmu Peternakan
  2. Ghaling Achmad AGS, M.M., CMA., dengan kepakaran bidang ilmu Digital Marketing dan Entrepreneurship.
  3. Yusuf Sumaryana, S.T., M.Kom., dengan kepakaran bidang ilmu Teknik Informatika.
  4. Salma Sania mahasiswa Program Studi Peternakan
  5. Ari Solahudin mahasiswa Program Studi Peternakan
  6. Iqlima Shaira mahasiswa Program Studi Manajemen
  7. Rizal Mandala mahasiswa Program Studi Manajemen
  8. Irvi Putri Fardian mahasiswa Program Studi Teknik Informatika
  9. Muhammad Faizal Rizqullah Suhendar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika

Adapun Tim Pendamping Kosabangsa melibatkan 4 orang dosen, antara lain:

  1. Dr. Ir. Ninuk Purnaningsih, M.Si., dengan kepakaran bidang ilmu Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan.
  2. Prof. Dr. Irma Isnafia Arief, S.Pt., M.Si., dengan kepakaran bidang ilmu Teknologi Hasil Ternak.
  3. Prof. Dr. Muhamad Syukur, S.P., M.Si., dengan kepakaran bidang ilmu Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman.
  4. Sulassih, S.P., M.Si., dengan kepakaran bidang ilmu Teknologi Industri Benih.

Dr. Ir. Andri Kusmayadi, S.Pt., M.Sc., IPM., ASEAN Eng. menjelaskan, bahwa Program Kosabangsa merupakan peluang yang baik dalam melakukan hilirisasi hasil kerja dosen baik UNPER maupun IPB University untuk dapat digunakan oleh masyarakat di desa mitra. Dengan demikian diharapkan kegiatan Kosabangsa memberikan dampak dan manfaat yang besar bagi masyarakat desa dengan penerapan hasil riset pada bidang produksi peternakan, ekonomi dan Teknik informatika.

Tidak hanya itu, Ghaling Achmad, S.E., M.M., CMA mengatakan bahwa BUMDes memiliki potensi dan peran strategis dalam membangun ekosistem pemasaran yang terintegrasi sehingga dapat memfasilitasi komersialisasi produk pakan suplemen, dan olahan pangan hasil ternak serta hasil budidaya hortikultura yang dikembangkan dalam program Kosabangsa. Pengembangan platform digital integration dibuat dengan kaidah yang sederhana namun berdampak, Clean, Responsive, and Conversion.

Tim Pakar bidang ilmu Teknik Informatika Yusuf Sumaryana, S.T., M.Kom., dalam pemaparannya akan memperkuat difase penerapan teknologi tepat guna aplikasi formulasi ransum digital sehingga peternak mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi usaha peternakannya.

Rangkaian program Kosabangsa ini diharapkan mampu membantu meningkatkan pemberdayaan mitra dalam menyelesaikan permasalahan kompleks dalam bidang produksi peternakan dan ekonomi dengan menerapkan hasil-hasil penelitian dari tim pelaksana (UNPER) juga dari tim pendamping (IPB University).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://fkip.uki.ac.id/css/spulsa/ https://feb.uki.ac.id/img/spulsa/ https://sipepeling.madiunkab.go.id/zeus/ https://silayar.ut.ac.id/report/spulsa/ https://jurnal.akjp2.ac.id/tools/ https://dinsosapp.madiunkota.go.id/svg/codexploit_configs/gacor/ http://siakad.staiattaqwa.ac.id/assets/hoki-win/ https://aceh.lan.go.id/wp-content/themes/img/ https://elearning.uinsatu.ac.id/h5p/sgacor/